Jokowi kalah di Kabupaten Serang

Paslon 01 Jokowi-Ma'ruf memperoleh 275.251 suara. Sedangkan Prabowo-Sandi memperoleh 649.982 suara.

Paslon nomor urut 01 dan paslon nomor urut 02 mengikuti debat Pilpres 2019. Antara Foto

Pasangan calon presiden-wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin kalah telak dari pasangan Prabowo-Sandi di Kabupaten Serang. Pasangan nomor urut 02 unggul di 29 Kecamatan di Kabupaten Serang.

Hasil rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang pada Sabtu (4/5) malam. Paslon 01 Jokowi-Ma'ruf memperoleh 275.251 suara. Sedangkan Prabowo-Sandi memperoleh 649.982 suara.

"Alhamdulillah pleno aman, lancar dan damai, semua baik saksi parpol, dan lainnya, bisa menerima, walaupun ada beberapa masukan sudah kita masukan semua, ketika ada persoalan," kata Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar, Minggu (5/5).

Abidin mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan semua rekapitulasi perolehan suara Presiden Wakil Presiden (PWP) DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD tingkat kabupaten. Selanjutnya hasil ini akan diserahkan ke KPU Banten untuk tahap rekapitulasi perolehan suara di tingkat provinsi.

"Kalau calon terpilih belum bisa, karena ada beberapa tahapan, hari ini hanya menetapkan hasil rekapitulasi di tingkat Kabupaten Serang, ada pun penetapan calon ada mekanisme lain setelah putusan di KPU RI," katanya.