Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di Yogyakarta

Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin unggul di lima kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Capres nomor urut 01 Joko Widodo bersama cawapres nomor urut 01 Maruf Amin dan Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional Jusuf Kalla menyaksikan hasil hitung cepat Pemilu Presiden 2019 di Jakarta, Rabu (17/4). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta, pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin unggul di lima kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hasil rekapitulasi tingkat provinsi di Jogja Expo Center (JEC) pada Jumat (10/5) malam, pasangan Jokowi-Ma'ruf mampu meraih 1.655.174 suara, sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga memperoleh 742.481 suara di DIY.

"Meski rekapitulasi sudah selesai, secara resmi ada ada tahapan lagi untuk membacakan penetapan hasil perolehan di DIY," kata Ketua, Perencanaan, Data, dan Informasi KPU DIY Wawan Budiono di Yogyakarta, Sabtu (11/5).

Menurut Wawan, partisipasi pemilih di DIY untuk menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019 mencapai 86%. Persentase itu melebihi harapan KPU DIY yang sebelumnya menargetkan 82% partisipasi masyarakat.

"Dari informasi teman-teman di kabupaten/kota rata-rata di atas 82%, ada yang 86%, ada yang 84%. Melebihi target kami," ujar dia.