Kemendagri bentuk tim kesiapan Pilkades Serentak 2020

Tim bakal memberikan penilaian berdasarkan empat jenis daftar periksa yang telah disusun.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Dokumentasi Kemendagri

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membentuk tim guna memastikan kesiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2020. Bakal ada 23 tim dan masing-masing membawa daftar periksa (checklist) sebagai panduan. 

"(Sebanyak) 23 tim ini akan berangkat ke seluruh 23 kabupaten ini dan membawa checklist. Empat jenis checklist tentang kesiapan di tingkat kepala daerah, bupati/wali kota, apakah siap, apakah sosialisasi sudah ada, dan seterusnya," kata Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Tim yang bertugas, sambung dia, juga akan memastikan sejauh mana kesiapan penyelenggaraan pilkades di tingkat kecamatan hingga penerapan protokol kesehatan pada setiap tahapannya.

"Yang kedua, adalah checklist untuk di tingkat kecamatan. Apakah kecamatan, Forkopimcam ini, membuat Komite Pengawas. Checklist ini dengan item-item untuk melihat kesiapan pengawasan di tingkat kecamatan," paparnya.

"Kemudian ada checklist untuk panitia. Panitia yang dibentuk oleh bupati atau wali kota. Checklist-nya adalah apakah memiliki kesiapan untuk protokol dan lain-lain, kabupatennya apakah sudah membuat peraturannya atau belum," lanjutnya, mengutip situs web Kemendagri.