Kubu Jokowi klaim dominasi Madura

Hanya tinggal Kabupaten Pamekasan dan Sumenep saja yang masih dikuasai Prabowo-Sandi. 

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Jawa Timur (Jatim) Machfud Arifin dalam konferensi pers di Posko TKD Jatim di Surabaya, Jumat (22/2). Foto Alinea.id/Adi Suprayitno

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Jawa Timur (Jatim) Machfud Arifin mengklaim tim sukses pasangan Jokowi-Ma'ruf sukses mempenetrasi lumbung suara milik Prabowo-Sandi di Pulau Madura. Menurut dia, hanya tinggal Kabupaten Pamekasan dan Sumenep saja yang masih dikuasai Prabowo-Sandi. 

"Mudahan-mudahan semua balik arah. Madura tinggal Pamekasan dan Sumenep (yang masih didominasi Prabowo-Sandi). Lainnya sudah balik arah," kata Machfud di posko TKD Jatim Jokowi-Ma'ruf di Surabaya, Jumat (22/2).

Madura dikenal sebagai salah satu lumbung suara Prabowo. Pada Pilpres 2014, Prabowo Subianto yang saat itu berpasangan dengan Hatta Rajasa menang telak di Madura dengan meraup 79% suara. Pasangan Jokowi-Jusuf Kalla hanya meraup 21% suara.

Machfud mengatakan, selama ini TKD dan relawan sudah turun ke lapangan untuk menyosialisasikan pasangan capres-cawapres nomor urut 01. Menurut dia, TKD sukses menggembosi suara Prabowo-Sandi di Bangkalan dan Sampang. "Semua daerah sudah disentuh. Tinggal mempertebal yang kurang-kurang atau yang minus-minus," ungkap mantan Kapolda Jatim itu. 

Selain di Madura, Machfud mengatakan, TKD juga mulai menguasai sejumlah kota di Jatim yang merupakan basis suara kubu Prabowo-Sandi, semisal Pacitan, Bondowoso, dan Situbondo.