Kubu Jokowi ungkap dugaan politik uang bersimbol 02

TKN Jokowi-Ma'ruf juga menemukan kasus petugas KPPS yang memihak dan surat suara yang telah tercoblos terlebi

Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Hasto Kristiyanto meladeni pertanyaan wartawan di Rumah Aspirasi Relawan, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (25/4). Alinea.id/Ayu Mumpuni

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto mengatakan kubunya telah mengantongi data 25 ribu dugaan kecurangan di Pemilu 2019. Data tersebut dikumpulkan dari laporan-laporan di berbagai daerah.

"Kami terima bentuk-bentuk kecurangan (jumlahnya 25 ribu), termasuk di dalamnya ada money politic yang juga dilakukan secara masif dengan simbol 02," ujar Hasto di Rumah Aspirasi Relawan Jokowi-Ma'ruf, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (25/4).

Hasto menuturkan pihaknya akan melaporkan kecurangan tersebut ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Bahkan, lanjut Hasto, TKN Jokowi-Ma'ruf juga siap membawa dugaan-dugaan kecurangan tersebut ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Ya, kami siapkan mana yang bisa diproses laporan ke Bawaslu (dan) mana juga untuk menghadapi sengketa di Mahkamah Konstitusi," ujar politikus PDI-Perjuangan itu.

Diungkapkan Hasto, kecurangan yang dilakukan kubu Prabowo-Sandi terbanyak dilaporkan di Jawa Barat dan Jawa Timur. Salah satunya ialah politik uang Rp200 ribu per kepala di salah satu permukiman padat penduduk.