Kubu Prabowo ungkap ribuan kesalahan input data Situng KPU

Kubu Prabowo menyebut ada input data di daerah tertentu yang menguntungkan pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Warga mengakses Sistem Informasi Penghitungan Suara (SITUNG) Pemilu 2019 menggunakan gadget android di Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (18/4). /Antara Foto

Tim relawan informasi dan teknologi (IT) Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menemukan sebanyak 9.440 kesalahan input data dalam aplikasi Sistem Penghitungan Suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Koordinator Relawan IT BPN Prabowo-Sandi, Mustofa Nahrawardaya mengatakan temuan itu diperoleh dari hasil verifikasi dan penelitian manual di website Situng KPU pada periode 18-29 April 2019.

"BPN menemukan banyak sekali kejanggalan. Ada 9.440 kesalahan, seperti input data, kesalahan posting di KPU, dan kesalahan angka," kata Mustofa dalam konferensi pers di Media Center Prabowo-Sandi, Kebayoran Baru, Jakarta, Senin (29/4).

Mustofa mengatakan, tim relawan juga meneliti data yang terekam di 172.174 tempat pemungutan suara (TPS) dari 404.290 TPS yang datanya sudah masuk di web Situng KPU atau sekitar 42% dari jumlah total TPS. Menurut dia, dari 172.174 TPS, ditemukan kekeliruan input data sebanyak 6%.
 
"Jadi, per hari, rata-rata ditemukan 1.000 lebih kesalahan entry data di web Situng KPU. Kesalahan itu meliputi selisih suara, jumlah pemilih melebihi DPT (daftar pemilih tetap), dan jumlah suara sah tidak cocok dengan total suara," ujarnya.

Dari verifikasi dan penelitian yang dilakukan timnya di lapangan, Mustofa mengatakan, kesalahan input data terbesar terjadi di tiga provinsi, yaitu Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Timur (Jatim).