Lily Wahid sebut pemikiran Ma'ruf dan Gus Dur mirip

Keduanya disebut Lily punya pemikiran yang mirip di bidang ekonomi umat.

Adik kandung Gus Dur, Lily Wahid, berbincang dengan calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin di kediaman Ma'ruf, Menteng, Jakarta, Senin (31/12). Foto Antara

Adik kandung Presiden RI ke-4 Abdurahman Wahid (Gus Dur), Lily Chodidjah Wahid, menyambangi kediaman calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Senin (31/12). 

Selain melepas rindu, Lily mengatakan, ia sempat membahas pemikiran Gus Dur terkait koperasi dengan Ma'ruf. "Saya melihat beliau berdua (Gusdur dan Mar'uf) memiliki pemikiran yang sama tentang ekonomi kerakyatan. Ini menjadi kesamaan yang nyata," ujar Lily kepada wartawan. 

Menurut Lily, Gus Dur sebenarnya punya banyak pemikiran di bidang ekonomi, khususnya terkait koperasi. Hanya saja pemikiran Gus Dur lebih banyak dikenal dalam dunia politik dan kemanusiaan.  

Lily menuturkan, pemikiran Gus Dur tentang koperasi bisa dikombinasikan dengan konsep ekonomi keumatan yang selama ini menjadi perhatian Ma'ruf. "Jadi, mudah mudahan ke depan koperasi Indonesia tumbuh dan bangkit kembali. Itu yang saya harapkan dari Pak Kyai," imbuhnya. 

Pada kesempatan yang sama, Ma'ruf mengatakan, pemikiran Gus Dur terkait koperasi masih sangat relevan untuk dilaksanakan hingga saat ini. "Hanya saja nantinya akan disesuaikan kembali dengan dinamika kehidupan saat ini," ujarnya.