Narasi people power tanda minim gagasan kalahkan lawan

Kondisi saat ini dinilai tidak sesuai dengan tahun 1998 untuk menggerakkan people power.

Amien Rais mengancam akan ada people power jika pemilu terjadi kecurangan./Antara

Politikus Amien Rais kembali mendapat sorotan, ia kembali mengeluarkan diksi-diksi kontroversi. Kali ini Amien Rais mengatakan bakal ada gerakan people power apabila pemilu tahun ini terjadi kecurangan. 

Atas seruan people power tersebut, Ketua Dewan Kehormatan Partai PAN Amien Rais dinilai sebagai tindakan di luar konstitusi. Pengamat politik Karyono Wibowo menyayangkan sebagai politikus senior seharusnya mendidik rakyat agar memahami dan melaksanakan demokrasi yang konstitusional. 

"Cara tersebut tidak mendidik rakyat tentang nilai-nilai demokrasi. Justru sebaliknya, merupakan penyimpangan dari nilai-nilai demokrasi dan konstitusi," ujar Karyono dalam keterangan tertulis pada Selasa (2/4).

Padahal kecurangan pemilu dapat diatasi sesuai dengan Undang-Undang dan peraturan pemilu yang telah ditetapkan. Begitu juga dengan proses sengketa telah diatur sebagai jalan untuk segala kecurangan dianggap telah menjadi proses konstitusi terbaik untuk menyelesaikan kecurangan pemilu.

Memang people power pernah terjadi saat reformasi 98 dengan maksud menggulingkan pemerintahan dan juga terjadi di negara lain. Nah, pada kondisi saat ini dinilai tidak sesuai dengan tahun tersebut karena kala itu tidak adanya penyelesaian kedua belah pihak.