PolMark bantah garap infografik survei Appi-Rahman unggul

Data dalam meme yang disebarkan tim sukses Appi-Rahman tidak sesuai dengan fakta terbaru.

nfografik kandidat Pilkada Makassar 2020 yang memuat foto CEO Polmark Indonesia, Eep S. Fatah. Istimewa

Pendiri sekaligus CEO PolMark Indonesia, Eep Saefulloh Fatah, menegaskan, pihaknya tidak membuat infografik berkonsep meme tentang hasil survei elektabilitas kandidat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Makassar 2020, yang berbuntut putusnya kerja sama dengan Tim Pemenangan Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman).

"Kami bukan pembuat meme itu. Saya juga membantah isi meme tersebut karena tidak akuratnya data atau keterangan di dalamnya," tegasnya melalui keterangan tertulis, Rabu (16/9).

Konsultan politik itu menerangkan, kasus bermula ketika Ketua Tim Pemenangan Appi-Rahman, Erwin Aksa, berencana menerbitkan elektabilitas kandidat Pilkada Makassar 2020 yang memenangkan jagoannya dalam merespons upaya serupa yang sebelumnya dilakukan surveyor lain.

"EA (Erwin Aksa) kemudian memberi tahu, bahwa ia akan mengeluarkan survei kami sebagai bantahannya. Saya menyarankan EA untuk tidak memakai hasil survei lama sebagai bantahan," terang dia.

Eep juga menegaskan, jika hasil survei dirilis ke publik harus menyertakan keterangan waktu pengerjaannya. Pun sebaiknya bantahan dilakukan dengan memakai riset terbaru.