Prabowo bakal uji janji Jokowi

Sejumlah peluru disiapkan untuk menyerang Jokowi di debat kedua pada 17 Februari mendatang.

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (tengah), diarak oleh pendukungnya saat berkampanye di Desa Slinga, Kaligondang, Purbalingga, Jateng, Rabu (13/2). Foto Antara

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto telah menyiapkan sejumlah peluru untuk menyerang calon petahana Joko Widodo (Jokowi) di debat kedua Pilpres 2019. Juru debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Faldo Maldini mengatakan Prabowo bakal menguji realisasi janji-janji politik dan klaim-klaim keberhasilan Jokowi selama ini. 

"Misalnya ketika kita ngomongin soal infrastruktur, tapi kita enggak bilang infrastruktur enggak penting. Tapi, bagaimana produksinya juga? Bagaimana infrastruktur dibangun tapi (harga) cabai naik tiga kali lipat," kata Faldo dalam diskusi 'Menuju Debat 2: Siapa Makin Kinclong?' di Resto Ajag Ijig, Jalan Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (13/2). 

Faldo juga menyinggung tingginya impor berbagai jenis pangan di era pemerintahan Jokowi. Padahal, Jokowi pernah berjanji untuk membangun swasembada pangan. "Tidak pengin impor pada 2015, tapi pada faktanya impor," cetus politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu. 

Pernyataan senada diungkapkapkan mantan staf Menteri Energi dan Sumber Daya dan Mineral (ESDM), Said Didu. Menurut Didu, Prabowo bakal punya banyak senjata untuk menguliti program-program pemerintah yang sesuai dengan tema debat kedua, yakni pangan, infrastruktur, sumber daya alam, energi dan lingkungan. 

"Bagi Prabowo ruang mengkritiknya agak lebar. Seperti misalnya, infrastruktur akan muncul pertanyaan (soal) infrastruktur komersial, dan faktanya kemungkinan (pembangunan infrastruktur) calon mangkrak," kata dia.