Kandidat ditantang pulihkan kepercayaan publik

Ketegangan pada masa kampanye pilpres potensial pecah menjadi konflik terbuka.

Petugas dan kru televisi penyelenggara melakukan gladi bersih Debat Capres 2019 putaran keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Jum'at (29/3). /Antara Foto

Pakar politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menantang para calon presiden (capres) berbicara soal solusi keterbelahan masyarakat di debat keempat Pilpres 2019. Menurut dia, saat ini masyarakat terpecah karena beda pilihan politik. 

"Itu harus dipertanyakan dalam debat. Tahapan apa yang akan dilakukan untuk memulihkan trust masyarakat. Sekarang ini selalu ada disharmoni dan itu mesti dijelaskan oleh Jokowi," kata Wiwik, sapaan akrab Siti Zuhro di Gado-gado Boplo, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (29/3).

Debat keempat bakal digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/2). Debat yang hanya mempertemukan calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto itu mengambil tema ideologi, pertahanan dan keamanan, pemerintahan dan hubungan internasional. 

Menurut Wiwik, nuansa perpecahan nyata dalam pergaulan sosial sehari-hari. Ia khawatir, ketegangan pada masa kampanye pilpres meruncing dan pecah menjadi konflik. 

"Keterbelahan baik di level elite maupun bawah, bila tidak dikelola dengan baik ini sangat berbahaya sekali. Soalnya ini juga menyangkut keamanan dan pertahanan kita," ujar Wiwik.