Enam kecamatan di Banggai terancam tidak mencoblos

Pasalnya, logistik berupa kotak suara dan surat suara belum sampai di TPS.

Petugas KPPS, saksi, dan pemilih berada di lokasi TPS yang logistik pemilunya belum tersedia di TPS 9, Desa Tanjung Gusta, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (17/4)./Antara Foto

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Ratna Dewi Pettalolo menyebut enam kecamatan di Kabupaten Banggai terancam tidak dapat melakukan pencoblosan. Pasalnya, logistik berupa kotak suara dan surat suara belum sampai di TPS.

Sejumlah kecamatan yang terancam tidak dilakukan pemungutan suara, disinyalir sebagai kecamatan yang memiliki pemilih terbesar. Kecamatan itu adalah, Kecamatan Luwuk, Luwuk selatan, Luwuk Utara, Batui, Batui Selatan, dan Moilong.

"Ada informasi di Kabupaten Banggai di enam kecamatan, belum bisa melaksanakan pemungutan suara," ujar Dewi di Kelurahan, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (17/4).

Terkait kejadian itu, Dewi sapaan akrab Ratna Dewi Pettalolo mengaku sudah memerintahkan Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah untuk memantau kejadian tersebut. Polda dan Pemerintah Provinsi Sulteng, juga sudah bergerak untuk menangani keterlambatan tersebut.

Lebih jauh, Dewi berharap proses pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah kecamatan tersebut bisa diselenggarakan.