Suara pemilih untuk PDI P berpeluang turun

PDI P dibayangi oleh aspek ekonomi yang menjadi indikator pemilih untuk setia pada partai.

PDI P disebut sebagai partai pemenang pemilu./Antara

Survei terbaru Voxpol Center Research and Consulting terkait partai politik yang sukses mencapai ambang batas 4% atau parliamentry threshold (PT) menempatkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) sebagai partai politik dengan raihan suara tertinggi. Meski begitu, posisi PDI P tidaklah aman dan berpeluang turun posisi. 

Pengamat sosial politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun menilai sebagai partai lama, tidak ada jaminan partai berlambang banteng tersebut menempati posisi teratas dalam pemilu 2019 mendatang. Sebab kata Ubedilah, PDI P sedang mengalami penurunan suara. 

"Secara sosiologis politik kecenderungannya PDI P turun suaranya pada pileg 2019 ini," ujar Ubed kepada Alinea.id.

Sebagai partai penguasa PDI Perjuangan dibayangi oleh aspek ekonomi yang menjadi indikator pemilih untuk setia pada partai. Janji politik yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak tidak tertunaikan.

Di sisi lain, Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno menjelaskan akan ada langkah taktis partai agar keluar menjadi pemenang pemilu. Menurut Hendrawan, PDI P punya ideologi yang jelas sebagai pedoman bagi kader.