Survei cawapres: Ma’ruf Amin 44,5%, Sandiaga Uno 32,1%

Ma'ruf Amin unggul dari aspek kegamaan dan kejujuran. Sandiaga Uno unggul pada aspek intelektual, kewibawaan, pengalaman dan tegas.

Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin (kiri) berjabat tangan dengan Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno (kanan) saat mengikuti Debat Capres Putaran Ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019). Antara Foto

Hasil survei Indo Baremeter baru-baru ini mengungkapkan elektabilitas calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin mengungguli lawannya calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno. Dalam survei tersebut, Ma’ruf Amin memperoleh angka 44,5%, sedangkan Sandiaga hanya 32,1%.

“Angka tersebut merupakan hasil dari simulasi head to head antar cawapres. Namun, masih ada masyarakat yang belum menentukan pilihannya sebesar 23,4%,” kata peneliti senior Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli di Jakarta pada Kamis, (22/3).

Selain keterpilihan, Ma'ruf Amin unggul dari aspek penilaian kepribadian dalam hal kegamaan dan kejujuran. Sementara Sandiaga Uno unggul pada aspek intelektual, kewibawaan sebagai pemimpin, perhatian dan dekat dengan rakyat, mampu memimpin, berpengalaman, dan tegas.

Lebih lanjut, dalam aspek penilaian kemampuan sebagai pemimpin, Sandiaga Uno unggul pada semua aspek. Ia dianggap mampu mengatasi masalah sosial dengan tingkat kepercayaan publik sebesar 57,8%, mampu mengatasi masalah ekonomi secara umum 55,2%, mampu mengatasi masalah hukum 47,5%, dan mampu mengatasi masalah keamanan 46,6%. 

“Hasil survei tersebut dilakukan pada 6 sampai 12 Februari 2019 dengan mengambil sampel 1.200 responden,” kata Hadi.