Jokowi-Ma'ruf stagnan, Prabowo-Sandi naik tipis

Pasangan Jokowi-Ma'ruf masih unggul hingga lebih dari 20% elektabilitasnya.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin bersiap mengikuti Debat Pertama Capres & Cawapres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). Foto Antara

Elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) stagnan. Hasil survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan angka elektabilitas pasangan Jokowi-Ma'ruf sama sekali tak berubah dari survei serupa yang digelar LSI sebelumnya.

"Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin meraih 54,8%, sementara Prabowo-Sandiaga 31,0%," kata peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby saat memaparkan hasil survei di kantornya di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (30/1). 

Survei LSI Denny JA digelar pada periode 18-25 Januari 2019 dengan melibatkan 1.200 responden. Metode yang digunakan multistage random sampling dengan teknik wawancara tatap muka. Margin of error di kisaran 2,8%. 

"Sementara yang masih belum memutuskan atau rahasia maupun tidak tahu dan tidak jawab di survei ini sebesar 14,2%," ujar Adjie. 

Dalam survei serupa yang digelar LSI pada Desember 2018, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 54,8% sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga meraup 30,6% suara responden. Sebanyak 15,2% menyatakan belum menentukan pilihan atau tidak menjawab.