Tagar receh jadi andalan kubu Jokowi-Ma'ruf

Tim medsos Jokowi-Ma'ruf menemukan tren tagar 'kuntilanak' dimainkan kubu Prabowo-Sandi.

Ketua Tim Cakra-19, salah satu kelompok relawan pemenangan Jokowi-Ma'ruf, Andi Widjajanto dalam diskusi Jumat Jempol di The Energy Building, Jakarta, Jumat (25/1). Alinea.id

Ketua Tim Cakra-19, salah satu kelompok relawan pemenangan Jokowi-Ma'ruf, Andi Widjajanto membeberkan strategi serangan udara tim media sosial kubu pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 01. Menurut Andi, tagar 'receh' menjadi salah satu andalan tim medsos dalam memikat warganet di jagat maya. 

"Kita itu unggul di permainan hastag (tagar) receh seperti hari ini ramai hastag #mulaidarigue. Jadi tidak selalu menyebutkan nama Pak Jokowi atau Pak Kiayi Ma’ruf," ujarnya di The Energy Building, Jakarta, Jumat (25/1) lalu.

Dituturkan Andi, kreativitas dan keceriaan menjadi ciri khas tim medsos Jokowi-Ma'ruf. Namun demikian, tagar-tagar serius pun tak dilupakan. Di Twitter misalnya, selalu ada tagar yang mengawal kampanye Jokowi-Ma'ruf dan menjadi trending, semisal #01Jokowilagi dan #Jokowi2periode. 

"Kebanyakan memang di Twitter, tapi Facebook dan medsos lainnya juga ada tapi tidak banyak memang," ujar pria yang sempat menjabat sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab) Jokowi-JK itu. 

Tidak hanya memainkan tagar, tim medsos juga memainkan karikatur dan meme yang dikelola tiga kreator yang sudah sejak 2014 mengiringi perjalanan politik Jokowi hingga menjadi Presiden RI. Menurut Andi, karikatur dan meme seperti Jokowi naik motor atau Jokowi dan Jan Ethes naik bom-bom car digemari penghuni jagat maya.