Yang menjadi catatan pada 7 hari pelaksanaan kampanye

Dimulainya masa kampanye pemilu presiden dan wakil presiden sejak 28 November 2023 turut disambut atensi masyarakat.

Ilustrasi seseorang tengah berkampanye. Alinea.id/Aisya Kurnia

Pelaksanaan kampanye Pemilu 2024 sudah berlangsung selama seminggu. Selama seminggu ini, banyak hal yang terjadi dan dilakukan seluruh tim kampanye pada masing-masing calon presiden. Tetapi intinya adalah, semua tim kampanye berupaya mensosialisasikan misi dan visi dari calon presiden yang mereka dukung.

Dimulainya masa kampanye pemilu presiden dan wakil presiden sejak 28 November 2023 turut disambut atensi masyarakat, tentu di dalamnya termasuk warganet di media sosial. Di sejumlah daerah, kedatangan calon presiden/wakil presiden selalu mendapatkan perhatian dari masyarakat. Hal serupa juga terjadi di sosial media.

Tetapi sayangnya kampanye yang disampaikan masing-masing capres/cawapres ataupun tim kampanye masih belum banyak membahas isu-isu krusial seperti isu demokrasi, perlindungan HAM, dan aspek lingkungan. Koordinator KontraS Dimas Bagus Arya menyebut masing-masing capres masih lebih banyak membahas dan menjanjikan hal-hal bersifat populis.

"Padahal isu-isu krusial seperti demokrasi, perlindungan HAM, dan aspek lingkungan sebenarnya juga perlu banyak dibahas. Apalagi ada indikasi terjadi penurunan indikator demokrasi serta penegakan HAM yang belum mengalami kemajuan," ucap dia saat dihubungi Alinea.id, Selasa (5/12).

Setidaknya ada tiga hal yang menjadi perhatian KontraS selama sepekan pelaksanaan pemilu, yaitu persoalan netralitas aparatur negara, hoaks di sosial media, serta perubahan debat kampanye wakil presiden.