Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta popularitas Damkar harus dibarengi dengan penguatan peran Damkar.
Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) merupakan salah satu layanan publik dengan tingkat kepercayaan dan kepuasan tertinggi di mata masyarakat. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta popularitas tersebut harus dibarengi dengan penguatan peran Damkar.
Berdasarkan data Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) provinsi terhadap Damkar rata-rata mencapai 90%, bahkan sejumlah provinsi berada di rentang 89% hingga 97%.
Menurut Tito, tingginya kepercayaan publik ini bukan tanpa alasan. Layanan Damkar dinilai baik oleh masyarakat dari aspek kecepatan, profesionalitas, dan responsivitas petugas.
"Damkar semakin dipercaya masyarakat karena kecepatan respons yang konsisten, kecepatannya datang, membantu penyelamatan dalam berbagai variasi, dan juga dikenal bekerja tanpa pamrin. Kasarnya tidak minta uang, itu yang membuat masyarakat suka," ujar Tito di sela-sela Rapat Koordinasi bersama Kepala Daerah yang dirangkaikan dengan Sosialisasi Larangan ke Luar Negeri, Kesiapan Menghadapi Nataru dan Kesiapsiagaan Bencana di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (11/12).
Kesigapan Damkar juga terlihat pada kasus kebakaran gedung Terra Drone, Jakarta Pusat. Dalam insiden tersebut, Damkar DKI Jakarta tiba di lokasi hanya dalam tujuh menit dan langsung bergerak menyelamatkan pekerja yang terjebak di lantai atas. Respons cepat dan keberanian petugas inilah yang membuat Damkar semakin dihargai publik.