Ajang Formula E tak pengaruhi ketenaran Anies Baswedan

MotoGP dan Formula E memberi dampak berbeda kepada kepala daerah penyelenggara.

Pemandangan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Foto: Twitter MotoGP

Hasil monitoring media Datasight Indonesia menemukan dua even internasional, yakni uji coba pramusim MotoGP di sirkuit Mandalika dan Formula E di Jakarta menyita perhatian media dan warganet. MotoGP dan Formula E memberi dampak berbeda kepada kepala daerah penyelenggara.

Ajang lain, seperti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Bali atau rencana lomba Formula 1 Boat Race di Danau Toba, Sumatera Utara belum terlacak. 

Datasight Indonesia melakukan monitoring pemberitaan media dan percakapan warganet pada periode 1-14 Februari 2022. Terkumpul 24.086 data pemberitaan dan percakapan.

Dari total data itu, topik MotoGP di Mandalika mendapat porsi paling besar, yakni 9.585 posting atau 38.88%. Sementara, isu Formula E di Jakarta hanya mendapat porsi 377 posting atau 1,53%

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, ketiban berkah ekspos media atas penyelenggaraan MotoGP dengan 677 porsi pemberitaan dan percakapan atau 2,75%. Walaupun, tidak sebesar porsi pemberitaan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yakni 9.170 posting atau 37,20%.