Anggota DPR ungkit janji Pertamina cegah kebakaran kilang minyak

Mulyanto dorong audit secara menyeluruh terhadap kilang-kilang minyak Pertamina pascakebakaran.

Kilang Minyak Putri Tujuh milik Pertamina UP II Dumai/Foto Antara/Aswaddy Hamid.

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto menagih janji PT Pertamina dalam mengantisipasi kebakaran pada kilang minyak. Pasalnya, dalam Rapat Kerja dengan di DPR, sekitar sebulan lalu, Direktur Utama Pertamina memaparkan hasil analisis penyebab kebocoran dan kebakaran tangki bahan bakar minyak (BBM) di Kilang Cilacap, dan rencana tindak lanjut ke depan.

Bahkan, jelas Mulyanto, Pertamina saat itu mengaku sudah menyiapkan langkah-langkah untuk pencegahan terjadinya korosi dan sambaran petir yang dapat menimbulkan kebocoran dan kebakaran kilang.

“Saat itu Pertamina berjanji untuk melaksanakan pencegahan melampaui standar yang ada (beyond standard),” kata Mulyanto dalam keterangan tertulis, Minggu (14/11/2021).

Ia pun menyesalkan terjadinya insiden kebakaran kilang Pertamina Cilacap pada Sabtu (13/11) kemarin. Sebab, jelas politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut, kebakaran kilang kali ini merupakan ketiga kalinya di tahun 2021.

Menurutnya, rencana kerja yang dilaporkan Direktur Utama Pertamina tersebut tidak dijalankan dengan baik, dan terkesan menyepelekan perawatan kilang. Ia khawatir atas kondisi kilang Pertamina yang jumlahnya mencapai ribuan.