Artis dalam partai politik: Pendulang suara karena matinya kaderisasi?

Beberapa nama selebritas tanah air bergabung ke dalam partai politik untuk bertarung pada Pemilu 2024.

Ilustrasi selebritas. Alinea.id/Debbie Alyuwandira

Sejak mengurus tim khusus di Partai Nasdem yang diberinama The Selebrity, Wasekjen Partai Nasdem Hermawi Taslim sibuk dengan urusan dunia selebritas. Tim itu berisi para pesohor tanah air yang ingin maju sebagai calon legislatif (caleg) dari Nasdem pada Pemilu 2024 mendatang.

“Tim ini sengaja dibentuk untuk asistensi khusus para caleg selebriti,” kata Hermawi kepada reporter Alinea.id, Sabtu (30/7).

Nama-nama artis, semisal Nafa Urbach, Okky Asokawati, dan Farhan turut tergabung di dalam tim itu. Jumlah artis dalam The Selebrity sebanyak 59 orang. Hermawi mengatakan, The Selebrity terbentuk karena kebutuhan strategi politik, seiring arus pesohor yang merapat ke Nasdem jelang Pemilu 2024.

Mayoritas figur publik yang tergabung dalam The Selebrity, sebut Hermawi, merupakan mantan caleg Nasdem yang gagal melenggang ke Senayan pada Pileg 2019. Saat itu, hanya Farhan caleg Nasdem dari kalangan artis yang lolos ke DPR.

"Setelah pemilu ternyata banyak dari mereka betah di Nasdem, lalu mereka bikin paguyuban, bikin grup WhatsApp,” tuturnya.