Bamsoet hampir pasti jadi Ketua MPR 

Delapan fraksi telah menyatakan dukungan terhadap mantan Ketua DPR itu.

Calon pimpinan MPR mewakili DPD Fadel Muhammad (kedua kiri) berjabat tangan dengan anggota DPR fraksi Partai Nasdem Johnny G Plate (kanan) sebelum rapat gabungan pimpinan sementara MPR dengan perwakilan fraksi dan kelompok DPD di ruang KK V, Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (3/10). /Antara Foto

Ketua Fraksi Partai NasDem Johnny G Plate mengatakan, politikus Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) telah mendapat dukungan dari 8 fraksi di DPR untuk menduduki kursi Ketua MPR. Tercatat, hanya tinggal fraksi DPD dan Gerindra yang belum memutuskan mendukung Bamsoet. 

"Dari sepuluh fraksi, delapan sudah solid. Tinggal DPD yang kembali (belum memutuskan)," kata Johnny kepada wartawan di gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pust, Kamis (3/10).

Menurut Johnny, fraksi Gerindra yang masih berharap agar kadernya Ahmad Muzani menjadi Ketua MPR. Adapun fraksi DPD, kata Johnny, kemungkinan bakal mendukung Bamsoet.

"DPD juga mendukung musyawarah Pak Bambang, tetapi perlu konfirmasi. Sekarang diberi kesempatan 1 jam untuk mendapat rekomendasi tertulis dari DPD. Sisa Gerindra yang masih berharap atau masih mendukung Pak Muzani sebagai ketua," ujar dia.

Hingga kini, lanjut Johnny, delapan fraksi melobi Gerindra untuk mengalah. "Mudah-mudahan kurang dari 1 jam sudah selesai. Harapan saya tidak alot. Toh hanya berdua berunding," kata politikus asal Nusa Tenggara Timur itu.