Basarah minta Benny Wenda sudahi mimpi jadi presiden

Benny Wenda dinilai masih terjebak dalam dunia mimpi yang diciptakan sendiri.

Basarah mengatakan pelaporan dirinya ke Polisi, sebagai peristiwa hukum yang biasa dalam sistem negara hukum Indonesia./Robi Ardianto.

Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah menilai pimpinan Gerakan Persatuan Pembebasan untuk Papua Barat (ULMWP), Benny Wenda, baru bangun tidur dan masih terjebak dalam dunia mimpi yang diciptakannya sendiri.

"Sebagai sesama anak bangsa, meski Wenda lebih memilih warga negara Inggris, saya menyerukan agar Wenda bangun dari tidur panjangnya. Sudahi kenikmatan semu dan mimpi indah menjadi Presiden RI dari negara Inggris, mari bersama membangun Papua," kata Basarah via keterangan tertulis dikutip Jumat (4/12).

Menurut Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDI-Perjuangan ini, Benny Wenda terlalu lama mereguk kenikmatan di Eropa dan mabuk sanjungan, sehingga tidak sadar dimanfaatkan sebagai proxy negara lain pemberi ilusi Papua bisa merdeka.

Dia menjelaskan, Presiden Joko Widodo telah memenangkan Pilpres 2019 di Provinsi Papua dan Papua Barat secara telak, dengan suara diatas 85% (lebih dari 3.5 juta suara) dan tingkat partisipasi pemilih diatas 85%. 

Angka tersebut, jelas dia, menjadi bukti dukungan yang kuat dari rakyat Papua bagi pemerintahan Presiden Jokowi, sekaligus menjadi fakta tak terbantahkan bahwa Papua nyaman berada dalam pangkuan Ibu Pettiwi, Indonesia.