Belum kirim supres, Jokowi dinilai masih cari sosok pengganti Andika

Apabila mengacu pada perundang-undangan yang berlaku, Jokowi seharusnya sudah mengirim nama calon pengganti Panglima TNI dalam pekan ini.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Foto tangkapan layar YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menduga Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki pertimbangkan tersendiri di balik belum terkirimnya surat presiden (supres) tentang pergantian Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Salah satunya ialah terkait sosok pengganti Andika.

"Tentunya Presiden (Jokowi) mempunyai perhitungan sendiri untuk kemudian mengusulkan yang tepat, mengenai calon tersebut sesuai situasi kondisi pada saat ini," ujar Dasco di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/11).

Apabila mengacu pada perundang-undangan yang berlaku, Jokowi seharusnya sudah mengirim nam calon pengganti Panglima TNI dalam pekan ini. Dasco mengkonfirmasi, hingga saat ini surpres belum sampai di tangan pimpinan DPR RI.

Dasco mengatakan, untuk pergantian panglima TNI tentunya disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Bahwa ada ketentuan-ketentuan tidak tertulis, kata dia, boleh-boleh saja, yang kemudian dijadikan kebiasaan.

"Tetapi kembali lagi berulang pada situasi dan kondisi, seperti apa yang dibutuhkan pada saat ini," ujar politikus Partai Gerindra ini.