Buka Kongres NasDem, Anies singgung ucapan lawas Surya Paloh

Dalam sambutannya, Anies menyinggung pentingnya persatuan dalam perbedaan. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan saat pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11). /Antara Foto

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi membuka Kongres II Partai NasDem di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11). Dalam sambutannya, Anies menyinggung pentingnya persatuan dalam perbedaan. 

"Hebatnya Indonesia dibanding tempat lain. Ada bangsa yang beragam, bhineka tapi berbeda dengan Indonesia. Di sini ada keberagaman tapi ada persatuan Indonesia. Itu yang unik dari Indonesia," ujar Anies.

Anies meyakini Partai NasDem kelak akan menjadi motor penjaga persatuan di Tanah Air. Hal itu, kata Anies, terlihat dari sikap Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang sangat menjunjung tinggi demokrasi.

Anies mengingat saat Paloh menyampaikan sambutan dalam deklarasi Partai NasDem pada 2010 lalu. Ketika itu, menurut Anies, Paloh mengatakan perbedaan dalam demokrasi adalah hal yang sangat wajar.

"Bang Surya Paloh dalam beberapa waktu ini memberikan contoh kita berada dalam demokrasi. Dalam demokrasi ada perbedaan, ada pandangan berbeda. Saya ingat di dalam deklarasi waktu itu, ketika kami bacakan, ketika tahun 2010 kalimatnya sangat relevan," urainya.