Dahnil Anzar klaim pindah ibu kota ide Gerindra sejak 2014

Prabowo Subianto dukung rencana pemerintah pindahkan ibu kota.

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, berpidato di depan para pendukungnya. Antara Foto

Rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur disebut-sebut sebagai ide Partai Gerindra yang sudah dikemukakan sejak 2014. Hal tersebut merupakan usulan untuk program jangka panjang. 

Demikian dikatakan Dahnil Anzar Simanjuntak, Juru Bicara Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Menurut Dahnil, Prabowo Subianto mendukung kebijakan pemerintah untuk memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur. Namun demikian, ada beberapa catatan yang harus dipenuhi pemerintah.

“Pada prinsipnya Prabowo Subianto dan Partai Gerindra setuju dilakukan pemindahan ibu kota dengan catatan," kata Dahnil di Jakarta, Selasa (27/8).

Dahnil mengatakan, terkait dukungan Prabowo kepada pemerintah untuk memindahkan ibu kota telah disampaikan kepada seluruh anggota Fraksi Partai Gerindra.

Menurut Dahnil, Prabowo memiliki empat catatan terkait pemindahan ibu kota. Pertama, kebijakan tersebut harus didasari dengan kajian yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan. “Kebijakan itu tidak grasa-grusu, dan menjadi program jangka panjang yang dipersiapkan dengan matang,” ujarnya.