Demokrat bantah PT 0% untuk muluskan AHY pada Pilpres 2024

Usulan presidential threshold (PT) 0% diklaim cerminan aspirasi rakyat selaku pemilik kekuasaan tertinggi dalam negara demokrasi.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Twitter/@AgusYudhoyono

Partai Demokrat membantah tudingan usulan ambang batas presiden (presidential threshold/PT) 0% dalam Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum (RUU Pemilu) sebagai upaya mendorong ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono, untuk maju dalam bursa Pilpres 2024.

"Tidak benar penilaian itu. Bagi Partai Demokrat yang utama, adalah bagaimana pilihan politik hukum yang akan diambil itu rasional, konstitusional, dan menjamin daulat rakyat," kata Wakil Sekertaris Jenderal DPP Demokrat, Irwan, dalam keterangannya, Jumat (29/1).

Fecho, sapaannya, mengklaim, usulan Demokrat sebesar 0% itu cerminan aspirasi rakyat selaku pemilik kekuasaan tertinggi dalam negara penganut demokrasi konstitusional. 

"Rakyat punya hak untuk memilih dan dipilih. Makin banyak pilihan (calon presiden) makin bagus. Itulah daulat rakyat sesungguhnya," ujarnya.

Kendati demikian, anggota Komisi V DPR ini merasa polemik presidential dan parliamentary threshold tidak hanya sekadar angka, melainkan cerminan dan resultan kondisi aspirasi masyarakat Indonesia.