Pengamat: Demokrat ingin mendalami parpol lain sebelum berkoalisi

Partai Demokrat perlu melakukan pendekatan dan perbincangan yang cukup dengan partai-partai yang akan berkoalisi.

AHY bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Kamis (23/6/2022). Alinea.id/Marselinus Gual

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan pertemuan dengan ketua umum dari dua partai berbeda pekan lalu. AHY bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Kamis (23/6) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Jumat (24/6).

Langkah safari politik AHY ini, dinilai sebagai penjajakan koalisi Partai Demokrat dengan partai politik lain. Hal ini diungkapkan peneliti ahli utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) R. Siti Zuhro.

"Tampaknya Partai Demokrat ingin menyusuri dan mendalami partai-partai politik dulu sebelum akhirnya berlabuh ke satu koalisi," ujar Siti saat dihubungi Alinea.id, Minggu (26/6) malam.

Partai Demokrat perlu melakukan pendekatan dan perbincangan yang cukup dengan partai-partai yang akan berkoalisi. Terlebih, jika Partai Demokrat ingin mengusung AHY sebagai kandidat dalam pencalonan di Pilpres 2024.

"Kalau dilihat kecenderungannya, sebenarnya Demokrat tak memiliki banyak pilihan. Apalagi kalau Demokrat ingin mengusung ketumnya dalam pilpres," katanya.