DPR minta akses TKA ditutup

Penutupan akses TKA China demi mencegah semakin maraknya Omicron.

Ilustrasi Pixabay

Pemerintah diminta menutup pintu masuk bagi Tenaga Pekerja Asing (TKA). Upaya tersebut didesak guna mencegah kasus virus Omicron semakin bertambah, mengingat sudah ada kasus terdeteksi di wilayah Wisma Atlet, Jakarta Pusat.

Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Saleh Partaonan Daulay meminta, pemerintah bersungguh-sungguh menjaga pintu-pintu masuk ke Indonesia.

“Nah, varian ini sekarangkan sudah ada di Indonesia. Sudah sepatutnya kewaspadaan ditingkatkan. Terutama pintu masuk ke Indonesia, khususnya bandara-bandara internasional,” ucap Saleh melalui siaran pers, Sabtu (18/12).

Mengingat bahaya dan agresivitas virus ini, katanya, sejak awal banyak pihak yang mewanti-wanti agar mewaspadai varian Omicron. Ia berpendapat, semua pihak harus berhati-hati, terutama kepada TKA yang berniat masuk ke Indonesia.

“Secara khusus Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang terdeteksi varian Omicron harus dikarantina dan diisolasi secara ketat. Harus dipastikan TKA itu tidak menyebarkan virus tersebut ke warga lainnya," ucap Saleh.