DPR minta pemerintah investigasi kasus gagal ginjal anak

Pemerintah harus melakukan investigasi mendalam untuk mencari pihak yang bertanggung jawab.

Ilustrasi Freepik.

Anggota Komisi IX DPR, Rahmad Handoyo, mendesak pemerintah melakukan investigasi mendalam guna mencari pihak paling bertanggung jawab atas berbagai kasus gagal ginjal pada anak, yang marak belakangan ini.

Menurutnya, investigasi mendalam juga harus dilakukan untuk mengetahui kandungan berlebih etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) pada obat sirup yang diduga menjadi penyebab gangguan ginjal akut pada.
 
"Pemerintah harus melakukan investigasi mendalam untuk mencari pihak yang bertanggung jawab atas kandungan EG dan DEG yang berlebihan pada obat sirup anak," ujar Handoyo kepada wartawan, Selasa (25/10).

Selain itu, menurut Rahmad, pemerintah harus memastikan penyebab kandungan zat berbahaya yang terdapat pada obat sirup anak. 

Penyebabnya, kata dia, harus ditelusuri, apakah karena kelalaian, ketidaksengajaan, ketidaktaatan mengikuti prosedur, atau perubahan bahan baku. Sebagai contoh, pihak produsen melakukan perubahan bahan baku obat, tapi tidak melaporkannya pada otoritas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Penyebabnya harus ditelusuri. Jika ada pihak yang bersalah, baik dari sisi administrasi maupun hukum, harus diberikan sanksi yang tegas," katanya.