Duet Anies-Puan pada Pilpres 2024 dapat terwujud jika...

Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, membuka peluang berpasangan dengan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, pada Pilpres 2024.

Ilustrasi Pilpres 2024. Alinea.id/Dwi Setiawan

Ketua DPR yang juga Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani, membuka peluang berpasangan dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Duet Anies-Puan dinilai dapat terwujud apabila sedikitnya tiga faktor ini dapat diatasi.

Pertama, terang pengamat politik Jamiluddin Ritonga, PDIP maju Pilpres 2024 tanpa berkoalisi dengan partai lain. Kondisi ini memungkinkan Puan dengan bebas memilih siapa yang akan menjadi pasangannya.

"Anies tentu layak berpasangan dengan Puan karena popularitas dan elektabilitasnya tinggi. Magnet Anies tentu dapat mendongkrak elektabilitas Puan bila mereka dipasangkan," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (24/3).

Kedua, Anies dan Puan dapat merukunkan masing-masing pendukungnya, yang berasal dari kelompok berbeda. Anies, menurut Jamiluddin, cenderung dijagokan kalangan Islam dan yang berpendidikan menengah atas, sedangkan Puan disokong kelompok nasionalis.

"Sebab, selama ini pendukung Anies dan Puan seperti minyak dan air yang sulit disatukan," jelasnya.