Dukung DOB, Gubernur Papua temui Mendagri

Gubernur Papua Lukas Enembe menemui Mendagri untuk mendukung DOB Papua.

Gubernur Papua Lukas Enembe dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavia menggelar konferensi pers terakit DOB Papua di gedung Kemendagri, Jakarta, Jumat (17/6/2022). Foto: Puspen Kemendagri.

Gubernur Papua Lukas Enembe menemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk membahas pemekaran di wilayah Papua melalui Daerah Otonomi Baru (DOB) di gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Jumat (17/6).

Lukas Enembe menjelaskan, sejak 2014 pihaknya telah mengusulkan agar wilayah Papua dapat dimekarkan menjadi tujuh provinsi berdasarkan wilayah adat. Diketahui, hingga saat ini daerah tersebut terdiri atas  dua provinsi, yakni provinsi Papua dan Papua Barat. Lukas berharap, langkah pemekaran tersebut dapat mempercepat pembangunan di Papua.

"Kalau kita dimekarkan pasti diikuti dengan kemauan bersatu, bagaimana membangun, percepatan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat," ujar Lukas dalam keterangannya, Sabtu (18/6).

Mendagri Tito Karnavian mengamini sejak dulu Lukas Enembe telah mengusulkan pemekaran di wilayah Papua agar menjadi tujuh provinsi. Saat ini, kata Tito, pemerintah dan DPR tengah membahas tiga Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait pemekaran atau Daerah Otonomi Baru (DOB) di wilayah Papua, yakni Provinsi Papua Tengah, Papua Pegunungan Tengah, dan Papua Selatan.

"UU (Undang-Undang) nya, sekarang lagi diproses pembahasan (dengan) DPR," kata Tito.