Gerindra-PKB sepakat berkoalisi, ajukan syarat Prabowo jadi capres

Sejauh ini, pembahasan mengenai cawapres belum mengemuka di rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Gerindra di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sesaat seusai silaturahmi di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6/2022). Foto tangkapan layar YouTube Kompas TV.

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut partainya dengan PKB telah sepakat berkoalisi di Pilpres 2024. Koalisi kedua parpol tersebut akan dideklarasikan pada Sabtu (13/8) besok.

Menurut Dasco, apabila ada partai politik lain yang ingin berkoalisi dengan Gerindra-PKB, maka harus sepakat mendukung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres 2024.

"Tentunya karena calon presiden dari Partai Gerindra adalah Pak Prabowo, maka syarat koalisi adalah mendukung untuk mengusung Pak Prabowo sebagai calon presiden 2024," kata Dasco kepada wartawan, Jumat (12/8).

Dasco mengklaim suda ada parpol lain yang berniat untuk bergabung dengan koalisi Gerindra-PKB. Namun, menurutnya, koalisi masih butuh waktu untuk memutuskan kerja sama politik dengan parpol tersebut.

"Kami putuskan bahwa nanti setelah deklarasi dengan PKB baru kemudian kami akan mengadakan komunikasi dengan partai tersebut," ujar dia.