Golkar: Peluang Demokrat dan PAN masuk kabinet terbuka

Partai Golkar menyebut peluang Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) masuk ke kabinet Jokowi-Amin terbuka lebar.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Jatim III DPP Partai Golkar Zainuddin Amali mengaku tak mempermasalahkan bergabungnya Partai Demokrat dan PAN di kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin 2019-2024. Alinea.id/Adi Suprayitno

Partai Golkar menyebut peluang Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) masuk ke kabinet Jokowi-Amin terbuka lebar.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Jatim III DPP Partai Golkar Zainuddin Amali mengaku tak mempermasalahkan bergabungnya Partai Demokrat dan PAN di kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin 2019-2024. 

Kendati demikian, pemilihan calon-calon menteri yang akan duduk di kabinet merupakan hak prerogratif Jokowi sebagai presiden terpilih.

Menurutnya, peluang Jokowi untuk mengakomodir partai di luar koalisi saat ini memang terbuka lebar. Meskipun memang, presiden memiliki pertimbangan tersendiri untuk mengakselerasi kabinet yang akan datang. Upaya itu dilakukan guna menjaga stabilitas politik serta program pemerintah di parlemen.

"Silakan saja (Demokrat dan PAN masuk kabinet). Selain itu, pertimbangan lainnya tentu tentang konstelasi politik di parlemen," ujarnya ketika ditemui usai acara buka bersama Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim di Surabaya, Sabtu (25/5) petang.