Golkar resmi tunjuk Lodewijk jadi Wakil Ketua DPR pengganti Azis

Ketum Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan langsung surat permohonan persetujuan PAW tersebut pada Puan Maharani.

Ketua DPR Puan Maharani bersama Ketum Golkar Airlangga Hartarto saat konferensi pers terkait pengganti Azis Syamsuddin di DPR, Rabu (29/9/2021)/Tangkapan layar

Partai Golkar resmi menyerahkan nama Lodewijk F Paulus untuk menggantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR. Lodewijk saat ini menjabat Sekretaris Jenderal Partai Golkar sekaligus anggota Komisi I DPR.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan langsung surat permohonan persetujuan pergantian antar waktu (PAW) tersebut pada Ketua DPR, Puan Maharani.

Ia mengatakan, sebelum menyerahkan surat ini juga telah melakukan komunikasi dengan Ketua DPR. Keputusan untuk mengajukan nama Lodewijk sebagai pengganti Azis telah dibahas terlebih dahulu secara internal di rapat pleno pada Senin (27/9), dan sudah berkonsultasi dengan Dewan Pembina partai.

“Kami juga telah berkonsultasi dengan seluruh senior partai golkar, di Dewan Pembina, Dewan Kehormatan, kemudian juga Dewan Pakar, dan dalam rapat pleno tanggal 2ttua DPR menggantikan saudara Azis Syamsuddin,” terang Airlangga dalam konferensi pers di Gedung DPR, Rabu (29/9).

Airlangga berharap proses pengajuan calon wakil ketua DPR bisa disampaikan dalam rapat paripurna sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Pada kesempatan yang sama, Puan selaku penerima surat permohonan itu menyebut pembahasan pergantian jabatan Wakil Ketua DPR bakal diselenggarakan pada sidang paripurna mendatang.