Hersubeno bantah sebar hoaks Megawati sakit

Hersubeno Arief jelaskan awal mula mendapatkan kabar Ketua PDI Perjuangan Megawati sakit.

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri/Foto Antara Akbar Nugroho Gumay

Pegiat media sosial Hersubeno Arief menjelaskan awal mula mendapatkan kabar Ketua PDI Perjuangan Megawati sakit. Ia menerima informasi tersebut melalui aplikasi WhatsApp dari seorang dokter yang juga temannya.

“Saya memberitakan adanya rumor, kemudian distempel sebagai hoax bahwa Ibu Megawati itu sedang sakit di rumah sakit,” ujar Hersubeno dalam diskusi yang disiarkan secara virtual, Sabtu (18/9).

Ia melanjutkan, yang menjadi soal kemudian ketika ia disebutkan bahwa informasi Megawati koma di ICU Rumah Sakit Pertamina dianggap valid 100%.

“Memang benar adanya bahwa ada dokter yang mengirimkan pesan tersebut. Namun saya tidak sepenuhnya percaya dengan pesan tersebut. Saya tidak akan menyebutkan siapa dokternya, karena itu adalah tanggung jawab saya dan diatur dalam undang-undang, yakni sebagai hak tolak untuk menyebutkan siapa narasumbernya,” jelasnya.

Meski demikian, ia mengaku tetap melakukan verifikasi pesan tersebut dengan mem-forward pesan sang dokter kepada Wakil Ketua Umum Pengurus Besar (PB) IDI, Adib Khumaidi. Meski demikian, Adib merespons belum mendengar kabar tersebut.