Istana konfirmasi akan ada reshuffle kabinet Jokowi

Perombakan kabinet untuk sementara ini baru diputuskan untuk posisi dua kementerian.

Presiden Joko Widodo. Dokumentasi Setpres

Istana tak menampik bahwa Presiden Joko Widodo akan mengocok ulang (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju. Namun, masih dalam tahap penggodokan hingga kini.

Meski demikian, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Donny Gahral Adian, memastikan, ada dua menteri yang telah terkonfirmasi akan dilakukan perombakan, yaitu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Investasi.

"Saya yakinkan (reshuffle) untuk dua kementerian. Sisanya, meski banyak nama berseliweran karena presiden masih menimbang secara mendalam, masak-masak, sebelum melakukan reshuffle," katanya dalam webinar "Menimbang Kementerian Baru dan Reshuflle Kabinet di Tengah Pandemi", Jumat (23/4).

Dirinya pun mengatakan, terbuka peluang reshuffle meluas ke kementerian lain. Kilahnya, Jokowi selalu menginginkan para pembantunya bekerja lebih keras dan memiliki kesadaran krisis untuk mengatasi pandemi dan memulihkan ekonomi dalam setiap rapat-rapat terbatas.

"Jadi, saya kira, seluruh evaluasi harus diarahkan ke sana, apakah kementerian sudah bekerja seperti yang diharapkan presiden, extraordinary, out of the box untuk bisa recovery dari pandemi yang sudah setahun lebih ini," tuturnya.