Jatah kursi di kabinet jangan dijadikan seperti dagang sapi

Hal ini merespons permintaan Amien Rais soal komposisi kabinet menteri yang diusulkan 55-45.

PKB menyebut cara Amien Rais menyebut pembagian kursi kabinet 55-45 seperti berdagang sapi.Alinea.id/Cantika

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyindir Amien Rais soal komposisi kabinet kerja Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin. Bagi PKB, Amien Rais seakan menjadikan kabinet Jokow-Ma'ruf Amin seperti politik dagang sapi. 

Ketua DPP PKB, Jazilul Fawaid menyebut, tidak pantas kalau Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menetapkan komposisi kabinet mendatang agar bisa diterima dengan pembagian 55-45. Porsi 55 untuk koalisi Jokowi-Ma'ruf dan porsi 45 untuk lawan politik Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Jazilul bahkan menyebut tindakan Amien sebagai hal yang tidak pantas. Bahkan terkesan mengatur koalisi, padahal Amien tidak ikut berjuang memenangkan Jokowi-Ma'ruf.

"Ini aneh tamu baru datang itu malah ngatur-ngatur. Di kampung saya itu namanya belantik, itu orang dagang sapi. Jangan porsi itu dijadikan bagian dagang sapi," kata Jazilul di DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin(22/7).

Seharusnya Amien disebut Jazilul sadar diri, sebelum menyampaikan hal tersebut. Justru yang tersirat dari pernyataan Amien adalah rekonsiliasi seperti bagi-bagi kursi.