Jokowi: Aset terbesar Indonesia adalah kerukunan

Presiden Joko Widodo memberikan sambutannya dalam perayaan hari ulang tahun Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ke 46

Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (kedua kiri), Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri), mantan Wakil Presiden Try Sutrisno (ketiga kanan), Hamzah Haz (kedua kanan) dan Calon Wakil Presiden Maruf Amin (kanan) menghadiri Hari Ulang Tahun ke-46 PDI Perjuangan di Jakarta, Kamis (10/1)./AntaraFoto

Presiden Joko Widodo memberikan sambutannya dalam perayaan hari ulang tahun Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ke 46 sekaligus pembukaan rapat koordinasi partai berlambang banteng itu. Dengan mengenakan kemeja merah khas PDI Perjuangan, ia memberikan sambutan di hadapan ribuan kader partai.

Pada sambutan, ia menyapa petinggi partai, para pejabat dan para hadirin sekalian. Belum sampai lima menit ia berbicara, tiba-tiba ia bergeming tanpa suara.

Di waktu yang sama sejumlah orang berdiri dari tempat duduknya dan melihat ke arah panggung untuk memastikan apa penyebab diamnya suami Iriana itu. Para hadirin pun banyak yang bertanya-tanya pada kiri dan kanannya apa penyebab bungkamnya Jokowi di tengah sambutannya.

“Kenapa sih? Ada apa, kok diam?” ujar beberapa orang.

Beberapa panitia lalu memberitahu alasan diamnya Jokowi yang cukup mengejutkan para hadirin. Adzan menjadi alasan Jokowi menghentikan sambutannya sambil menundukan kepala di podium.