logo alinea.id logo alinea.id

Jokowi: Aset terbesar Indonesia adalah kerukunan

Presiden Joko Widodo memberikan sambutannya dalam perayaan hari ulang tahun Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ke 46

Ayu mumpuni
| Ayu mumpuni Kamis, 10 Jan 2019 17:01 WIB
Jokowi: Aset terbesar Indonesia adalah kerukunan

Presiden Joko Widodo memberikan sambutannya dalam perayaan hari ulang tahun Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ke 46 sekaligus pembukaan rapat koordinasi partai berlambang banteng itu. Dengan mengenakan kemeja merah khas PDI Perjuangan, ia memberikan sambutan di hadapan ribuan kader partai.

Pada sambutan, ia menyapa petinggi partai, para pejabat dan para hadirin sekalian. Belum sampai lima menit ia berbicara, tiba-tiba ia bergeming tanpa suara.

Di waktu yang sama sejumlah orang berdiri dari tempat duduknya dan melihat ke arah panggung untuk memastikan apa penyebab diamnya suami Iriana itu. Para hadirin pun banyak yang bertanya-tanya pada kiri dan kanannya apa penyebab bungkamnya Jokowi di tengah sambutannya.

“Kenapa sih? Ada apa, kok diam?” ujar beberapa orang.

Beberapa panitia lalu memberitahu alasan diamnya Jokowi yang cukup mengejutkan para hadirin. Adzan menjadi alasan Jokowi menghentikan sambutannya sambil menundukan kepala di podium.

Selang beberapa menit, ia melanjutkan sambutan tanpa menjelaskan alasan diamnya. Sambutannya kemudian dilanjutkan dengan menggambarkan sosok Megawati yang dianggapnya sebagai sosok panutan.

Selain itu, Jokowi menegaskan aset terbesar Indonesia adalah, kerukunan, persaudaraan, dan persatuan indonesia. Oleh sebab itu, tidak boleh berhenti bergerak, bergotong royong dan memperkuat persatuan.

"Bergerak bersama-sama menjadikan Indonesia adil, makmur dan sejahtera. Kita semuanya harus bersama-sama mewujudkan Indonesia berdikari, bermartabat duduk sama rendah dan sama tinggi dengan bangsa lain di dunia.

Sponsored

Seusai sambutan dari Jokowi, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Megawati, Jusuf Kalla, Ma’ruf Amin, Hamzah Haz, dan Try Sutrisno. Potongan tumpeng pertama Megawati diberikan kepada Jokowi.

Setelah itu, acara santap siang bersama dilaksanakan petinggi partai di ruang VIP. Sementara di luar mobil presiden dan paspampres sudah menunggu untuk mengantar Jokowi ke tempat lainnya.

Di depan pintu VIP lorong gedung sampai ke depan pintu masuk gedung berjejer mobil golf yang siap mengantar Jokowi ke mobilnya. 

Saat keluar dari ruang VIP, Jokowi bersama dengan Sekjen PDI Perjuangan, sejumlah menteri dan papampres berjalan menuju keluar. Jokowi memilih berjalan kaki melewati lorong yang di sudut kiri dan kanannya telah dipenuhi kader PDI Perjuangan.

Sambil berjalan Jokowi menyalami dan tersenyum ke kader PDI Perjuangan. Sejumlah kader partai pun memanggil-manggil namanya, menyalami dan merekamnya menggunakan telepon genggam.

Selang satu jam dari kepergian Jokowi, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri juga meninggalkan ruang VIP. Berbeda dari Jokowi, ibu Puan Maharani itu memilih menaiki mobil golf menuju mobilnya.