Jokowi bakal anugerahkan Bintang Mahaputera ke Gatot Nurmantyo

Presiden Jokowi bakal kembali memberikan penghargaan ke sejumlah tokoh.

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Menko Polhukam Mahfud MD sebelum memimpin rapat kabinet terbatas tentang ketersediaan bahan baku bagi industri baja dan besi di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (12/2)/Foto Antara/Sigid Kurniawan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal kembali memberikan penganugerahan gelar Pahlawan Nasional hingga Bintang Mahaputera kepada sejumlah tokoh. Proses penganugerahan akan berlangsung pada Selasa (10/11) dan Rabu (11/11) mendatang. 

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat akan mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera.

“Presiden akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional (PN) dan Bintang Mahaputera (BM). Yang dapat gelar Pahlawan Nasional, antara lain, SM Amin dan Soekanto dan yang dapat Bintang Mahaputera antara lain, Gatot Nurmantyo dan Arief Hidayat,” ujar Mahfud dalam akun twitternya, Selasa (3/11).

Mantan Ketua MK ini menjelaskan, penganugerahan dari kalangan mantan panglima TNI bukan hanya untuk Gatot Nurmantyo.

"Ya, semua mantan panglima dan semua mantan menteri serta Pimpinan Lembaga Negara yang selesai satu periode juga dapat BM. Itu harus diberikan tanpa pandang bulu,” tutur Mahfud.