Batal hadir, Jokowi digantikan Mendagri di acara launching tahapan Pemilu 2024

Jokowi sebelumnya diinformasikan hadir dalam acara launching Pemilu Serentak 2024.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Foto: Twitter

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan tidak bisa menghadiri acara launching tahapan Pemilu serentak 2024 yang akan digelar hari ini, Selasa, (14/6) di Kantor KPU, Menteng, Jakarta. Acara launching ini dilaksanakan pada 19.00 WIB.

Padahal, Jokowi sebelumnya diinformasikan hadir. Kepala Negara akan memberikan sambutan dalam acara tersebut. "Presiden Jokowi akan diwakili oleh Menteri Dalam Negeri," ujar anggota KPU, Yulianto Sudrajat kepada wartawan, Selasa (14/6).

Selain Presiden Jokowi, kata Afifuddin, KPU juga mengundang para menteri dan pimpinan lembaga mengikuti acara tersebut. Beberapa di antaranya Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dan pimpinan lembaga lainnya.

"Kami juga undang para pimpinan partai politik untuk mengikuti acara tersebut," ucap dia.

Afifuddin menjelaskan, tahapan Pemilu Serentak 2024 dimulai 14 Juni 2022 atau 20 bulan sebelum pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Februari 2024 nanti. Hal ini juga sudah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2024.