Jokowi rombak nomenklatur, jumlah menteri bertambah

Presiden Joko Widodo dipastikan merombak nomenklatur kementerian sehingga jumlah menteri akan banyak berubah pada periode 2019-2024.

Presiden Joko Widodo dipastikan merombak nomenklatur kementerian sehingga jumlah menteri akan banyak berubah pada periode 2019-2024. / Antara Foto

Presiden Joko Widodo dipastikan merombak nomenklatur kementerian sehingga jumlah menteri akan banyak berubah pada periode 2019-2024. Pada periode 2014-2019, Kabinet Kerja memiliki 34 menteri.

Ketua DPR Puan Maharani dan sejumlah Wakil Ketua DPR membahas perubahan nomenklatur kementerian dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/10). Puan mengaku belum mengetahui nomenklatur kementerian apa saja yang akan diubah Jokowi.

"Terkait kementerian mana dan apa yang dilebur, saya kan belum datang ke sana. Jadi belum tahu," kata Puan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (21/10).

Perubahan nomenklatur kementerian dilakukan Jokowi pada tahun 2014. Misalnya, Kementerian Kehutanan digabung dengan Kementerian Lingkungan Hidup, sehingga menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Perubaan kembali dilakukannya pada periode kedua ini. Hal tersebut diungkapkan setelah Jokowi dilantik sebagai Presiden RI dan kembali ke Istana Merdeka Jakarta, Minggu (20/10) sore.