Kantor PDIP Jatim 'disulap' jadi pabrik masker

Kebijakan ini menyiasati kelangkaan masker saat terjadi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Seorang penjahit sedang membuat masker di kantor DPD PDIP Jatim, Kota Surabaya, Selasa (31/3/2020). Alinea.id/Adi Suprayitno

Kantor Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Timur (PDIP Jatim) "disulap" menjadi pabrik masker. Ini untuk mengatasi kelangkaan alat kesehatan (alkes) itu saat pandemi coronavirus anyar (Covid-19).

Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi, menyatakan, kebijakan tersebut bentuk gotong royong dalam meminimalisasi penyebaran virus SARS-CoV-2. Sebab, melibatkan penjahit rumahan untuk memproduksi masker.

"Ekonomi penjahit sedikit terangkat dengan pembuatan masker massal ini," katanya, Selasa (31/3). Kantor PDIP Jatim terletak di Jalan Kendang Sari, Kota Surabaya.

Tak sekadar itu. Sebagian ruang di "kandang banteng" juga dimanfaatkan untuk membuat wastafel dilengkapi gentong air berkapasitas 120 liter dan bengkel las. 

"Padasan (gentong air) ini juga dibuat oleh tukang-tukang yang ada di sekitar kantor kita. Kami ingin membuktikan, dengan bergotong royong, bersatunya partai dan rakyat, masalah apa pun, termasuk wabah Covid-19, ini bisa kita atasi," tuturnya.