Kemendagri sebut banyak ASN tak dibekali kompetensi memadai 

Kompetensi tersebut nantinya perlu dijadikan pedoman para ASN selama melaksanakan tugasnya. 

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal Kemendagri, Suhajar Diantoro. Foto: Puspen Kemendagri.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebut, masih banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang belum dibekali kompetensi, karenanya perlu memiliki empat kompetensi utama.

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro mengatakan, kompetensi-kompetensi tersebut nantinya perlu dijadikan pedoman para ASN selama melaksanakan tugasnya. 

Kompetensi pertama yakni kompetensi teknis. Dalam kaitan ini, ASN perlu memahami teknis-teknis di dunia pemerintahan, mulai dari hal dasar hingga yang paling membutuhkan perhatian menyeluruh.

Kedua, para ASN juga perlu memiliki kompetensi manajerial. Kemampuan ini berkaitan erat dengan kepemimpinan (leadership), sebab inti dari tugas tersebut menitikberatkan pada kemampuan mengatur individu-individu di dalam organisasi. 

"Maka kalian (ASN) harus terus meningkatkan kemampuan kepemimpinan, kualitas kepemimpinan. Apa itu kualitas kepemimpinan? Paling tidak ada beberapa hal, yang pertama adalah kemampuan membagi tugas," kata Suhajar dalam keterangannya, Senin (7/3).