Ketua DPR minta persiapan Pemilu 2024 harus lebih matang

Puan menyebut, negara harus menjamin hak konstitusi rakyat dengan memberikan jaminan terhadap pelaksanaan pemilu dengan 'luber jurdil'.

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani. Foto : Kresno/Man/dpr.go.id

Ketua DPR Puan Maharani menyambut baik kesepakatan Pemilu 2024 yang diputuskan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari. Puan berharap keputusan bersama tersebut akan meningkatkan kualitas demokrasi di Tanah Air.

"Pemilu 14 Februari, persiapan harusnya lebih matang, agar kekurangan pemilu sebelumnya tidak terulang, sehingga pemilu berjalan dengan baik dan hak konstitusional rakyat bisa terpenuhi," kata Puan kepada wartawan di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/1).

Puan mengingatkan agar tahapan pemilu yang harus dibuat dapat dilakukan dengan seksama. Politikus PDI Perjuangan ini meminta agar dalam penyusunan Peraturan KPU (PKPU) tentang tahapan, program, dan jadwal pemilu, semua harus mengedepankan kepentingan rakyat.

"Termasuk bagaimana dalam proses pelaksanaan nanti, jangan sampai ada celah dalam pemenuhan aspek protokol kesehatan. Sambil kita berharap nantinya kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia semakin membaik," tegas Puan.

Dia menegaskan, DPR RI akan terus mendukung tahapan proses Pemilu 2024. Puan menyebut, negara harus menjamin hak konstitusi rakyat dengan memberikan jaminan terhadap pelaksanaan pemilu dengan asas langsung, umum,bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber jurdil).