Ketua KPK: Koruptor di luar negeri pasti kembali

Pelaku koruptor beda dengan pelaku pembunuhan yang siap tidur di hutan.

Ketua KPK Firli Bahuri saat memberi sambutan pada Rapat Koordinasi Dan Sinergi Penyelenggaraan Pemerintahan Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2020, di Surabaya, Kamis (9/1)/Foto: Antara

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri meyakini terduga kasus korupsi di luar negeri akan kembali dan menyerahkan diri kepada aparat penegak hukum.

"Sebagaimana pengalaman selama ini, saya kan pernah jadi Deputi Penindakan KPK, ada yang kabur ke luar negeri itu pasti kembali. Karena apa? Karena pelaku koruptor itu beda dengan pelaku pembunuhan yang siap tidur di hutan dan juga pelaku teror," kata Firli di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (17/1).

Menurutnya, untuk menangani pelaku koruptor yang kabur ke luar negeri hanya membutuhkan kerjasama antarlembaga penegak hukum, seperti meminta bantuan aparat kepolisian.

"Karena, mereka (Polri) punya jejaring. Kita juga meminta bantuan dengan untuk mencari keberadaan tersangka," ujarnya.

KPK, sambung Firli, tengah berupaya melakukan penangkapan terhadap salah satu tersangka suap penetapan anggota DPR melalui mekanisme pergantian antarwaktu (PAW), Harun Masiku.