Kominfo catat peningkatan peserta program Siber Kreasi

Kominfo miliki program pelatihan khusus yaitu School of Influencer.

Menkominfo Johnny G Plate (kanan) berbincang bersama Menko PMK Muhadjir Effendi di forum pimred, Jakarta Selasa (3/3/2020)/Foto Antara Muhammad Adimaja.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat terjadi peningkatan peserta program Siber Kreasi 2019. Program itu, diduga sebagai ajang untuk membentuk influencer atau pemengaruh.

"Pada 2018, jumlah Siber Kreasi adalah 39.740 peserta, sedangkan 2019 sebanyak 195.000 peserta untuk ikuti gerakan literasi nasional Siber Kreasi," tutur Sekjen Kominfo Rosita Niken Widiastuti, saat rapat kerja Laporan keuangan Tahun Anggaran 2019 bersama Komisi I DPR RI, Rabu (2/9).

Dalam program tersebut, terdapat pelatihan khusus yakni School of Influencer atau Sekolah Pemengaruh. Mengutip situs siberkreasi.id, School of Influencer merupakan inisiatif untuk membangun literasi digital melalui pengembangan konten positif di internet. Inisiatif itu mengajak anak muda Indonesia untuk memproduksi konten kreatif melalui video, gambar, artikel, blog atau vlog.

Niken menerangkan, porgram Siber Kreasi merupakan sebuah gerakan literasi digital guna mempercepat kecapakan masyarakat untuk membuat konten poisitif.

"Ini adalah pelatihan untuk masyarakat agar masyarakat mampu gunakan internet memilih, mengolah, membuat informasi dan mampu fact checking, dan mampu produksi promosi produk mereka melalui internet," tutur Niken.