Lontarkan isu Orba, Megawati panik?

Memburuknya hubungan Megawati dengan Jokowi akibat perbedaan sikap politik pada Pilpres 2024.

TKN Prabowo-Gibran menduga Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, sedang panik lantaran melontarkan isu Orba jelang Pilpres 2024. Foto BPMI Setpres/Lukas

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, mulai lontarkan pernyataan tegas atas dinamika yang terjadi beberapa waktu terakhir. Kali ini, sekalipun tidak eksplisit, ia melontarkan kritik keras terhadap kadernya yang juga kepala negara, Joko Widodo (Jokowi).

"Republik ini penuh dengan pengorbanan, tahu tidak? Kenapa sekarang kalian yang pada penguasa itu mau bertindak seperti waktu zaman Orde Baru?" kata Megawati dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Relawan Ganjar-Mahfud di Jakarta, Senin (27/11).

Sontak arena rakornas bergemuruh merespons pidato Megawati. Secara serentak, mereka pun berujar, "Lawan! Lawan! Lawan!"

Kian kerasnya sikap PDIP ataupun Megawati terhadap Jokowi tidak lepas dari perbedaan politik keduanya. Sebab, PDIP mengusung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, sedangkan Jokowi mendukung anak pertamanya, Gibran Rakabuming Raka, yang menjadi pendamping Prabowo Subianto.

Seakan menggenapi, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), juga sempat menyinggung Orba dalam wajah baru (neo-Orba). Menurutnya, risiko tersebut bakal terjadi apabila ia bersama Anies Baswedan atau pasangan Amin kalah pada Pilpres 2024.