Makna kehadiran Budi Gunawan di pertemuan Megawati-Prabowo

Megawati disebut tengah berupaya menggerus pengaruh Luhut Binsar Pandjaitan di lingkaran Jokowi.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) menyampaikan keterangan pers usai pertemuan tertutup di kediaman Megawawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (24/7). /Antara Foto

Kehadiran Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) dalam pertemuan Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengundang tanda tanya. Pasalnya, ini kali kedua BG hadir dalam pertemuan bersejarah antara tokoh politik nasional. 

Sebelumnya, BG juga hadir saat Prabowo bertemu Presiden terpilih Joko Widodo, dua pekan lalu. Bahkan, BG disebut sebagai pihak yang paling berjasa mempertemukan Prabowo dan Jokowi demi rekonsiliasi pasca-Pilpres 2019. 

Pakar komunikasi politik Universitas Telkom Dedi Kurnia Syah menilai, BG sengaja dihadirkan Megawati dalam pertemuan tersebut. Selain punya hubungan baik dengan Prabowo, BG juga dinilai tidak punya kepentingan politik. 

"Sehingga (BG) memungkinkan lebih nyaman dalam pembicaraan politis antara Prabowo dan Megawati," kata Dedi saat dihubungi Alinea.id di Jakarta, Rabu (24/7).

Lebih jauh, Dedi menduga, Megawati juga sengaja mengajak BG untuk mengenalkannya ke publik. Menurut dia, besar kemungkinan BG bakal mendapat restu Megawati sebagai salah satu calon menteri Jokowi di Kabinet Kerja jilid II.